Pengetahuan Sablon Sebelum Buka Usaha Bikin Baju

  • April 1, 2019

Membuat usaha bikin baju seperti pada umumnya, yang harus dipersiapkan adalah tempat yang memadai, mesin jahit, pekerja atau karyawan dan kebutuhan pendukung lainnya. Kualitas jahitan dan kain juga harus diperhatikan. Selain itu yang harus diperhatikan sebelum buka usaha bikin baju adalah mengenai sablon karena terkadang pelanggan yang mau bikin baju seperti kaos ingin ada gambar atau tulisan untuk menunjukan identitas kelompoknya, nama sekolah, atau nama organisasi terpampang di kaos seragamnya. Sebagai pemilik usaha bikin baju tentunya harus bisa memenuhi jika sewaktu-waktu hal tersebut diminta oleh pelanggan, maka anda harus mengetahui pengertian sablon, caranya dan apa saja yang dibutuhkan agar pelanggan bisa merasa puas dengan hasil produksi kaos di tempat konveksi kaos anda.

Sablon adalah sebuah cara atau teknik mencetak tinta, medianya bisa pada plastik, kertas, kaca, kayu dan dalam hal ini akan khusus dibahas mencetak pada media kaos dengan menggunakan alat bantu berupa screen sablon. Dalam teknik sablon ada dua macam yaitu teknik sablon manual dan printing dengan mesin, tetapi kebanyakan permintaan para pelanggan yang bikin baju memilih untuk pakai sablon manual karena hasilnya lebih memuaskan. Selain itu bagi anda pengusaha pemula yang baru mendirikan usaha bikin baju dan ingin belajar cara menyablon, teknik manual juga mudah untuk dipelajari dan biaya yang dibutuhkan relatif lebih murah jika dibandingkan dengan usaha percetakan lainnya. Sedangkan untuk alat yang diperlukan untuk membuat sablon ini adalah screen sablon, rakel sablon, tinta sablon dan beberapa alat pendukung lainnya.

Cara membuat sablon sederhana untuk memenuhi permintaan pelanggan yang berminat bikin baju di usaha konveksi anda adalah sebagai berikut:
1. Master cetak yang harus dibuat terlebih dahulu menggunakan screen sablon yang telah disediakan sebelumnya. Untuk itu kita juga perlu untuk mengekspose atau mengafdruk screen tersebut.
2. Setelah screen terafdruk sesuai gambar yang dipesan, hal selanjutnya adalah segera menyablonkan tinta sablon yeng sesuai dengan media yang digunakan. Misalnya media yang digunakannya kaos maka tinta yang digunakan adalah tinta untuk sablon kaos.
3. Kemudian dorong tinta yang telah dituangkan diatas screen sablon yang sudah terafdruk tadi dengan bantuan rakel sablon agar dapat tersalurkan melalui lubang kain screen yang tidak terafdruk sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
4. Lalu setelah tercetak sempurna dan hasilnya sesuai dengan gambar pesanan pelanggan maka selanjutnya keringkan tinta tersebut.

Dengan teknik sablon tersebut anda bisa mencetak dengan jumlah banyak dengan biaya cetak yang cukup terjangkau dan hasil sablonan yang relatif stabil, anda juga bisa menghasilkan beberapa efek menarik seperti glow in the dark, timbul dan sebagainya. Untuk medianya juga bisa di aneka jenis permukaan bahan sesuai keinginan pelanggan yang bikin baju di tempat anda.

Palmer

E-mail : admin@healthyandfreetn.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*