Techno aiti Dalam Menangani Data Yang Terpencar

Pada era sekarang perkembangan segala bidang terasa sangat cepat. Bidang teknologi, ekonomi, perbankan, ilmu pengetahuan, lingkungan dan lain sebagainya mengalami perubahan dan kemajuan yang sangat pesat. Tidak terkecuali bidang perbankan, berapa banyak bank yang saat ini berdiri dan melayani masyarakat luas. Masyarakat sudah faham seberapa penting layanan-layanan yang diberikan oleh bank yang sangat mereka butuhkan. Kebutuha masyarakat terhadap layanan perbankan ini memaksa pelaku perbankan membuka cabang sebanyak-banyaknya untuk menjangkau nasabahnya. Pembukaan cabang tidak hanya di kota-kota besar saja namun sampai kota kecil. Untuk menjangkau nasabah di pelosok kota dan daerah pihak perbankan membuka ATM tempat-tempat yang strategis.

Banyaknya ATM dan cabang di berbagai tempat tentu saja mennyebabkan lalu lintas transaksi nasabah yang sangat banyak jumlahnya setiap menit atau bahkan detik. Selain itu penempatan data nasabah dan traksaksinya sudah tidak lagi ditempatkan di satu tempat. Membutuhkan beberapa tempat bahkan setiap kota besar mempunyai database nasabah sendiri. Data-data yang tersebar diberbagai tempat ini yang disebut dengan data terpencar atau terdistribusi.
Penanganan data yang terpencar atau terdistribusi ini sangat membutuhkan ketelitian yang tinggi. Teknologi komunikasi data yang digunakan harus benar-benar dapat dijadikan sarana untuk menghubungkan data di seluruh tempat jangkauan bank yang bersangkutan.

Karakteristik data yang tersebar di berbagai tempat terjadi bukan hanya karena jumlah data yang sangat besar dan jangkauan wilayah yang luas, selain itu ada hal-hal yang menguntungkan bagi perusahaan dan nasabah. Secara umum teknologi seperti ini akan menguatkan otonomi data pada wilayah tertentu sehingga ketersediaan data yang dapat digunakan secara Bersama-sama akan selalu terjaga kehandalan datanya.

Performance kinerja sistem dalam mengatur lalu lintas data dan juga pencatatan data transaksi dapat di jaga dan selalu ditingkatkan dari waktu ke waktu. Jika ada pertumbuhan data pada seluruh wilayah maupun pada salah satu wilayah saja akan dapat dikelola dengan baik. Sistem akan dikembangkan secara modular, disesuaikan dengan kebutuhan sistemnya. Pengembangan sistem yang bertahap tentu saja akan meningkatkan efisiensi anggaran baiaya perusahaan. Secara ekonomis hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan.

Techno aiti memberikan ruang bagi perusahaan untuk dimanfaatkan dan diambil keuntungannya dalam rangka operasional perusahaan yang efektif dan efisien. Teknologi-teknologi era 4.0 saat ini mulai mengedepankan technoaiti fisik sehingga infrastruktur yang digunakan untuk menjalankannya harus benar-benar disiapkan dan dapat digunakan saat perusahaan membutuhkannya. Tentunya biaya awal dalam pengadaan dan biaya operasionalnya memakan anggaran yang tidak sedikit. Biaya yang dikeluarkan dibandingkan keuntungan-keuntungan yang didapatkan harus lebih sedikit. Teknologi dapat dijadikan pijakan bagi perusahaan untuk melompat untuk lebih maju tidak hanya sekedar berjalan ataupun berlari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *